Templates by BIGtheme NET

Almamater Kami Mengajarkan Perdamaian

Hakikatnya bangku kuliah ialah tempat bagi setiap insane atau kelompok menimba ilmu sebanyak-banyaknya, menuntut ilmu sedalam-dalamnya dan diharapkan kedepannya dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakatan baik dilingkungan terkecil dahulu lalu kemudian dilingkungan yang lebih luas. Baik universitas Negeri mau universitas yang swasta mungkin sama dalam hal penyampaiaan ilmu baik ilmu didalam ruangan maupun ilmu yang kita dapat dari luar bangku kuliah. Semua kembali kepada mahasiswanya bagaimana mereka menangapi hal status yang berbeda tersebut dalam berbuat sesuatu.

Universitas Negeri ataupun swasta sama-sama mengajarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat dan berguna dan pastinya mereka mengajarkan saat Perkenalan mahasiswa baru yaitu lingkungan kampus agar seluruh mahasiswa dapat mengerti dan paham bagaimana lingkungan kampus mereka dan mereka bisa menyesuaikan diri dengn suasana bangku perkuliahan .

Adapun yang kita ketahui adanya tri dharma perguruan tinggi yaitu. :

  1. Pendidikan dan Pengajaran

Pengertian pendidikan dan pengajaran disini adalah dalam rangka meneruskan pengetahuan atau dengan kata lain dalam rangka transfer of knowledge ilmu pengetahuan yang telah dikembangkan melaui penelitian oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Dalam pendidikan tinggi di negara kita dikenal dengan istialah strata, mulai dari strata satu (S-1) yaitu merupakan pendidikan program sarjana, strata dua (S-2) yang merupakan program magister dan strata tiga (S-3) yaitu pendidikan doktor dalam sutau disiplin ilmu, serta pendidikan jalur vokasional/non gelar (diploma).

 

  1. Penelitian dan Pengembangan

Kegiatan penelitain dan pengembangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa penelitian maka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menjadi terhambat. Penelitian ini tidaklah berdiri sendiri, akan tetapi harus dilihat keterkaitannya dalam pembangunan dalam arti luas, yakni penelitain tidak semata-mata hanya untuk hal yang diperlukan atau langsung dapat digunakan oleh masyarakat pada saat itu saja, akan tetapi harus dilihat dengan proyeksi kemasa depan. Dengan kata lain penelitian di Pergurun Tinggi tidak hanya diarahkan untuk penelitian terapan saja, tetapi juga sekaligus melaksanakan penelitian ilmu-ilmu dasar yang manfaatnya baru terasa penting dimasa yang akan datang.

 

  1. Pengabdian Kepada Masyarakat

Dharma pengabdian pada masyarakat harus diartiakan dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikembangkan di Perguruan Tinggi, khususnya sebagi hasil dari berbagai penelitian. Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersiafat konkrit dan langsung dirasakan manfaatnya dalam waktu yang relatif pendek. Aktivitas ini dapat dilakukan atas inisiatif individu atau kelompok anggota civitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat maupun terhadap inisiatif perguruan tinggi yang bersangkutan yang bersifat nonprofit (tidak mencari keuntungan). Dengan aktivitas ini diharapkan adanya umpan balik dari masyarakat ke perguruan tinggi, yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lanjut.

 

Jadi, ketiga dharma di atas sangat erat hubungannya, sebab sebuah penelitian dan pengembangan harus menjunjung tinggi kedua dharma yang lain (Pendidikan dan Pengajaran serta Pengabdian Kepada Masyarakat). Penelitian diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi. Untuk dapat melakukan penelitian diperlukan adanya tenaga-tenaga ahli yang dihasilkan melalui proses pendidikan. Ilmu pengetahuan yang dikembangkan sebagi hasil pendidikan dan penelitian itu hendaknya diterapkan melalui Pengabdian Kepada Masyarakat sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dan menikmati kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

 

Itulah sekilah tentang dunia kampus yang sama-sama pernah dirasakan bagi setiap individu yang pernah duduk dibangku kuliah. Judul artikel ialah almamaterku mengajarkan perdamaian ini, perdamaian untuk ditingkat kampus sdah dilakukan sejak mahasiswa melakukan masa perkenalan terhadap kampus. Hal yang pertama dibangun saat kita ada di universitas ialah Persaudaraan dan tali Silaturahim antara senior, Junior dan Para dosen hal yang sangat sederhana ini akan sangat berpengaruh terhadap perdamaian yang akan terjalin didunia kampus, tetapi karena semua diawali dengan satu langkah positive dan perkenalan positive kepada dosen dan senior maka terwujudlah perdamaian untuk diruang lingkup kampus kita masing-masing khususnya. Hanya ada sedikit bukti yang membuktikan bawasanya ada pertikaian atau ada konflik antar Fakultas didalam satu universitas, mungkin yang sering kita dengar adalah auran antar universitas dan menurut hemat penulis ialah tawuran antar universitas tidak mungkin terjadi apabila tidak ada provokator karena merekalah yang membuat konflik-konflik kecil lalu mengaplikasikannya lewat tawuran bukan dengan musyawarah mufakat.  FamdMp